Waktu Pelaksanaan Aqiqah

aqiqah jogja istimewa lengkap, paket aqiqah anak laki laki, paket aqiqah murah jogja

Kapankah waktu pelaksanaan aqiqah?

Mayoritas ulama sepakat bahwa waktu pelaksanaan aqiqah merupakan hari ketujuh dari kelahiran. Hal ini menurut sabda Nabi SAW, yang artinya, “Setiap anak tersebut tergadai dengan hewan aqiqahnya.

Disembelih darinya pada hari ketujuh, dan dia dicukur, dan diberi nama.” (HR Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan, dan dishahihkan oleh Tirmidzi).

Walau begitu, menurut keterangan dari pendapat beberapa ulama, bilamana terlewat dan tidak dapat dilaksanakan pada hari ketujuh, aqiqah tersebut dapat dilaksanakan pada hari ke-14. Dan andai tidak dapat juga, maka pada hari ke-21.

Pendapat ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Buraidah dari ayahnya dari Nabi SAW, beliau berbicara bahwasannya,

“Hewan akikah tersebut disembelih pada hari ketujuh, atau keempat belas, atau kedua puluh satunya.” (HR Baihaqi dan Thabrani).

waktu pelaksanaan aqiqah Bila sesudah tiga minggu masih tidak mampu, maka kapan saja pelaksanaannya boleh dilaksanakan di kala telah mampu.

Sebab, waktu pelaksanaan pada hari-hari ketujuh, keempat belas dan kedua puluh satu ialah sifatnya sunah dan sangat utama bukan wajib. Dan boleh pun melaksanakannya sebelum hari ketujuh.

Sementara guna bayi yang meninggal dunia sebelum hari ketujuh disunahkan pun untuk disembelihkan aqiqahnya.

Aturan ini, menurut sejumlah ulama, pun berlaku untuk calon bayi yang meninggal ketika masih sedang di dalam kandungan ibunya dengan kriteria telah berusia empat bulan di dalam kandungan.

Sangat Menarik Membaca: Jasa Aqiqah Jogja Terbaik
Paket Aqiqah Jogja Anak Perempuan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *